Produk Perbankan Syariah Selain Tabungan

Produk Perbankan Syariah Selain Tabungan

Saat Anda memiliki sebuah masalah keuangan jalan yang mungkin bisa ditempuh dengan cepat adalah dengan pengajuan pinjaman pada bank. Seperti kita ketahui bersama jika produk perbankan saat ini mengalami progres yang cukup signifikan, selain hadir dengan berbagai macam penawaran yang menguntungkan, produk perbankan saat ini juga ada yang menganut sistem produk perbankan syariah. Sebuah produk yang berjalan sesuai dengan syariat Islam, dan pastinya tidak ada yang namanya riba.

Produk perbankan syariah, menerima imbalan atas jasa perbankan diluar fungsi utama adanya bank sebagai lembaga keuangan. Saat ini, ada banyak sekali pilihan produk dari bank yang berbasis syariah untuk Anda gunakan sebagai lembaga pembantu dalam hal keuangan. Adapun jenis dari produk perbankan syariah yang beragam, diantaranya sebagai berikut :

1. Wakalah

Wakalah secara garis besar memiliki arti perwakilan, atau penyerahan atau pemberian mandat. Dalam hal ini, pihak perbankan diberikan mandat atau amanah dari nasabah, untuk menyelesaikan suatu perkara keuangan sesuai dengan permintaan pemberi mandat.

Hasil gambar untuk Produk Perbankan Syariah Selain Tabungan

2. Kafalah

Merupakan suatu produk perbankan yang merupakan sebuah jaminan, diberikan kepada pihak ketiga untuk bertanggung jawab atas pihak kedua oleh penanggung atau nasabah. Secara teknis, kafalah merupakan jasa penjaminan nasabah, dengan pihak bank sebagai penjamin dan nasabah sebagai pihak yang dijamin.

3. Sharf

Layanan yang satu ini bergerak pada bidang pembelian valuta asing, yang sejalan dengan prinsip sharf. Jual beli mata uang asing yang tidak sejenis ini harus dilakukan dalam waktu yang sama, berdasarkan pada kurs beli dan juga kurs jual yang saat ini berlaku.

4. Qardh

Produk perbankan syariah lainnya adalah qardh, atau pemberian harta kepada orang lain yang dapat ditagih kembali. Secara teknisi, qardh berarti pemberian pinjaman dari pihak bank kepada nasabah untuk kebutuhan mendesak. Untuk pengembalian dana ditentukan dalam jangka waktu yang disepakati bersama dari pihak bank dan juga nasabah.

5. Rahn

Rahn merupakan suatu produk perbankan, dimana pihak bank menahan salah satu harta milik nasabah sebagai jaminan atas dana pinjaman yang diterima nasabah. Tujuan dari adanya akad rahn ini adalah memberikan sebuah jaminan pembayaran kembali pada pihak bank, pada waktu yang telah disepakati bersama antara pihak bank dan juga nasabah.

Lima produk perbankan syariah diatas merupakan produk perbankan yang membantu nasabah sesuai dengan syariat Islam dan pastinya akan terhindar dari bunga ataupun riba yang akan merugikan. Dengan adanya pilihan jenis perbankan syariah, pastinya memudahkan nasabah dalam menggunakan layanan yang diinginkan, dan sesuai dengan kebutuhan.

Dengan mempercayakan masalah keuangan pada produk bank syariah selain menabung, tentu akan memiliki keuntungan yang banyak. Selain keuntungan terhindar dari yang namanya riba, Anda juga dapat lebih tenang dalam hal urusan keuangan. Sehingga hidup bisa menjadi lebih berkah dan juga bahagia.

Author

teguheden@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *