bi fast bi fast

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, berbagai hal kini bisa dilakukan dengan cepat mudah, tak terkecuali dalam melakukan transaksi keuangan seperti transfer dana. Jika Anda ingin melakukan transfer dana antar bank namun malas karena terkena biaya administrasi, jangan khawatir! Kini telah hadir fitur BI Fast yang memungkinkan Anda melakukan transfer antar bank tanpa terkena biaya administrasi sehingga proses tersebut tak hanya aman dan nyaman, tapi juga mudah dan murah.

BI Fast atau Bank Indonesia Fast payment sendiri adalah salah satu metode transfer antar bank yang memiliki berbagai jenis keunggulan yang bisa Anda manfaatkan. Selain itu, metode transfer ini sudah dilengkapi dengan layanan sistem pembayaran seperti Sistem Kliring Nasional BI (SKNBI) dan Real Time Gross Settlement (RTGS). 

Dengan hadirnya metode transfer ini, hal tersebut dapat mempercepat sistem pembayaran perbankan digital. Selain itu, juga memungkinkan setiap nasabah dapat melakukan transfer secara daring dengan informasi yang dikirim melalui nomor ponsel atau alamat email penerima.

Saat Anda menggunakan metode payment ini, ada beberapa keunggulan yang bisa dimanfaatkan. Diantaranya yaitu:

  • Bebas biaya saat melakukan transfer ke bank lain dengan metode transfer Bank Indonesia Fast payment di SimobiPlus
  • Beroperasi 24 jam nonstop. Anda bisa menggunakan metode ini kapan saja setiap saat 
  • Cepat. Anda bisa kirim uang, transfer dan langsung sampai
  • Limit transfer yang besar. Limitnya bisa sampai Rp 250 Juta per transaksi
  • Lebih fleksibel. Selain limit yang besar, nominal minimal transfer ini sangat rendah yaitu dimulai dari Rp1.000
  • Mudah. Anda bisa menggunakan nomor handphone atau e-mail sebagai pengganti nomor rekening
  • Aman. Karena dilengkapi dengan sistem yang mendeteksi dan mencegah penipuan, maka metode ini sangat aman.
bi fast

Dengan adanya metode transfer BI Fast via SimobiPlus persembahan dari Bank Sinarmas, maka proses transfer dana menjadi lebih praktis. Tak hanya itu, Anda juga bisa lebih hemat karena gratis biaya transfer antar bank. Selain itu, nasabah Bank Sinarmas pun bisa menikmati kemudahan sistem pembayaran dengan metode transfer tersebut untuk transfer antar bank mulai dari Rp1.000 sampai dengan Rp 250 juta. 

Namun sebelum menggunakan metode ini, Anda perlu men-download SimobiPlus terlebih dulu. Anda bisa men-download aplikasinya di Playstore maupun AppStore kemudian menginstalnya di SmartPhone. Setelah aplikasi terpasang, transfer bisa dilakukan dengan cara berikut:

  1. Buka aplikasi SimobiPlus.
  2. Pilih menu Send, kemudian pilih Transfer Domestik.
  3. Pilih jenis tujuan transfer, bisa nomor rekening, nomor ponsel, atau alamat e-mail.
  4. Masukkan nominal transfer dan rekening sumber dana.
  5. Klik Transfer Bank Indonesia Fast payment.
  6. Masukkan kode SMS Token, maka transaksi selesai.

Nah, sebelum melakukan transfer menggunakan nomor ponsel atau alamat e-mail, pastikan juga Anda sudah menambahkan alamat proxy di SimobiPlus. Alamat proxy tersebut merupakan pengganti nomor rekening yang lebih mudah diingat. Cara yang perlu dilakukan juga cukup mudah, yaitu dengan mengikuti langkah berikut:

Dari aplikasi SimobiPlus, klik pada menu Setting, lihat Transaction Settings, lalu pilih Manage Bank Indonesia Fast payment.

  1. Pilih pada menu Add Proxy Address.
  2. Pilih tipe alamat proxy, yaitu alamat e-mail atau nomor ponsel.
  3. Pilih tipe atau jenis rekening yang akan disambungkan atau dihubungkan dengan alamat proxy.
  4. Cek sekali lagi kebenaran data, lalu klik CONFIRM.
  5. Masukkan Easy PIN untuk menyelesaikan penambahan proxy address.

Ketika menambah alamat proxy, jangan lupa perhatikan syarat dan ketentuan yang ada. Ketentuan tersebut diantaranya yaitu pertama, satu proxy hanya dapat disambungkan dengan satu rekening. Kedua, Anda hanya bisa mengubah dan menghapus nomor rekening yang tersambung melalui fitur Manage Bank Indonesia Fast payment. Jika Anda menyambungkan proxy yang terdaftar di bank lain ke Bank Sinarmas, maka proxy di bank lain akan secara otomatis terhapus. Anda bisa menyambungkan proxy yang terdaftar di Bank Sinarmas ke bank lain. 

Itulah sekilas ulasan mengenai apa itu BI Fast, keunggulan hingga cara menggunakan metode ini via SimobiPlus persembahan dari Bank Sinarmas. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *