content marketingcontent marketing

Istilah konten sepertinya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang suka menggunakan internet. Hampir semua hal yang Anda temukan di internet termasuk konten. Secara sederhana, konten merupakan hal-hal yang dapat memberikan informasi atau pesan pada audiens yang melihatnya. Sementara content marketing atau pemasaran konten merupakan strategi pemasaran yang dilakukan menggunakan konten. Lebih lengkapnya mengenai pemasaran konten bisa langsung Anda lihat di sini:

Pengertian 

Pemasaran konten merupakan salah satu strategi pemasaran dengan cara merancang, memproduksi, dan membagikan konten. Konten tersebut harus berharga, relevan, dan konsisten agar menarik bagi audiens. Jadi bukan sekedar konten biasa namun konten-konten yang bermanfaat dan relevan di media sosial. 

Contoh dan Penerapan

Berikut ini adalah beberapa contoh dan penerapan pemasaran konten:

  • Infografik

Infografik merupakan kumpulan visualisasi, grafik, dan juga tambahan sedikit teks. Konten ini biasanya diunggah melalui platform media sosial bergambar seperti Facebook dan Instagram. Melalui infografik, audiens bisa memahami informasi dengan lebih mudah.

  • E-book

Menyusun e-book untuk menghadirkan tutorial yang lengkap dan mudah juga menjadi salah satu bagian dari konten pemasaran. Pasalnya audiens akan lebih senang memahami produk Anda melalui e-book tersebut.

  • Artikel

Artikel merupakan jenis konten yang dibagikan melalui website atau blog. Biasanya berupa informasi seputar produk ataupun edukasi yang relevan dengan produk. Melalui artikel, Anda juga bisa menerapkan teknik pemasaran seperti SEO.

  • Video

Sebagian besar orang sekarang sangat suka dengan konten video. Konten ini bisa dibagikan di banyak platform termasuk Facebook, Instagram, TikTok, sampai Youtube. Anda bisa membuat video review atau tutorial untuk menarik audiens.

  • Influencer

Contoh dan penerapan pemasaran konten yang terakhir adalah kerja sama dengan influencer. Ketika bekerja sama dengan influencer, Anda akan menggunakan konten berupa artikel blog, video, audio, dan lain sebagainya.

content marketing

Manfaat untuk Bisnis

Pemasaran konten menjadi hal yang sangat penting untuk bisnis Anda, berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  • Mendatangkan trafik

Penerapan pemasaran konten melalui website atau blog bisa mendatangkan trafik. Apalagi jika dimaksimalkan dengan teknik SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), dan lain sebagainya.

  • Meningkatkan brand image dan brand awareness

Brand image merupakan representasi persepsi masyarakat terhadap sebuah merek. Sedangkan brand awareness merupakan kemampuan konsumen mengenali sebuah produk. Pemasaran konten dapat meningkatkan keduanya sehingga brand Anda dikenal dengan citra yang baik.

  • Meningkatkan engagement

Pemasaran konten yang dilakukan di media sosial seperti Instagram bisa meningkatkan engagement. Untuk tujuan ini, pemilihan jenis konten harus dipertimbangkan dengan baik.

  • Mempertahankan tingkat retensi

Manfaat pemasaran konten selanjutnya untuk bisnis Anda adalah mempertahankan tingkat retensi. Jika audiens menyukai konten Anda, maka mereka akan kembali untuk melihat konten bermanfaat lainnya. Lama-lama, audiens tersebut bisa menjadi pembeli atau pelanggan.

  • Meningkatkan penjualan

Manfaat dari semuanya yaitu meningkatkan penjualan. Karena pada dasarnya, semua jenis pemasaran bertujuan agar penjualan meningkat sehingga keuntungan semakin besar. 

Itulah pembahasan mengenai content marketing untuk bisnis. Berdasarkan pembahasan di atas, pemasaran konten merupakan hal yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun dibutuhkan pemasaran yang tepat agar hasilnya efektif dan efisien. Tidak perlu membangun tim sendiri, Anda bisa menggunakan jasa agensi digital IDEOWORKS.

IDEOWORKS merupakan agensi digital yang sudah bekerja sama dengan ribuan bisnis. Jadi pengalaman yang dimiliki sudah banyak untuk menyelesaikan permasalahan klien. Sumber daya yang lengkap dan kompeten membantu menyelesaikan proyek dengan baik. Hubungi tim dan lakukan diskusi untuk kerjasama melalui website www.ideoworks.id. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *