digital agency

Bagi Anda yang hendak menggandeng digital agency sebagai partner untuk membantu mengembangkan usaha yang dimiliki dengan mempromosikannya secara digital, maka wajib bagi Anda untuk mengetahui layanan atau metode yang mereka terapkan.

Nah dari sekian layanan yang ditawarkan agensi digital, SEM atau Search Engine Marketing menjadi salah satu layanan yang memiliki peran penting dan sering digunakan. 

Bukan tanpa alasan mengapa layanan ini sering dipilih. Pasalnya, SEM mampu mendatangkan trafik yang diinginkan dengan lebih mudah dan cepat sebab persaingannya tidak seketat SEO. Bahkan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan menggunakan SEM bisa dalam hitungan hari ataupun hitungan jam saja.

Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan SEM, alangkah baiknya jika Anda mengenal dan mengetahui apa saja manfaat dari layanan ini. Dengan begitu, Anda bisa menilai apakah layanan ini efektif atau tidak jika diterapkan.

Apa Itu SEM?

SEM atau Search Engine Marketing adalah sebuah strategi pemasaran berbayar yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website di mesin pencarian. Pasti Anda pernah melihat website yang berada di atas yang bertuliskan “iklan” atau “ad”. , bukan? Nah itulah yang dimaksud dengan SEM. Website yang Anda miliki bisa ditampilkan di halaman paling atas jika menggunakan layanan ini. 

Mesin pencarian yang paling sering digunakan untuk menerapkan SEM sendiri adalah Google. Mengapa demikian? Hal tersebut karena sudah bukan rahasia lagi jika pengguna internet di seluruh dunia banyak yang menggunakan mesin pencarian tersebut. 

Sebagai informasi tambahan, jika website hanya ditampilkan di halaman awal saja, maka belum ada biayanya. Namun jika ada aksi dari pengunjung atau pengunjung mengkliknya,, maka Anda baru akan membayarnya. Konsep tersebut dikenal juga dengan istilah “pay per click”. 

Manfaat SEM 

Ketika menerapkan SEM saat melakukan pemasaran, maka ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan. Ingin tahu apa saja manfaat dari SEM? Berikut diantaranya:

  1. Meningkatkan potensi conversion rate
digital agency

Manfaat pertama dari layanan SEM adalah kemampuannya dalam meningkatkan potensi conversion rate dari website Anda. Salah satu caranya yaitu dengan membidik keyword search intent pembelian. Dengan begitu, jika ada pengguna internet yang mencari dengan keyword tersebut di mesin pencarian, maka website Anda akan muncul di halaman paling atas.

  1. Memberikan hasil dengan cepat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, SEM lebih cepat dibanding SEO. Bahkan dengan SEM hasil yang diinginkan bisa didapat dalam hitungan jam saja. Tak hanya itu SEM juga bisa bebas diperpanjang penayangan iklannya sesuai dengan budget yang dikeluarkan.

  1. Lebih efisien 

Meskipun penggunaan layanan ini mengharuskan Anda mengeluarkan uang budget agar website bisa muncul di halaman awal mesin pencarian, namun SEM terbukti lebih efisien. 

Pasalnya, Anda hanya akan membayarkan biaya iklan jika ada aksi klik dari pengunjung. Harga dari iklan SEM sendiri juga tidaklah semahal jika Anda mengiklankan dengan cara konvensional, kok!

  1. Menentukan target pasar yang sesuai

Dengan menggunakan SEM, maka iklan hanya akan muncul pada mereka yang berpotensi melakukan pembelian saja. Dengan begitu, penggunaan layanan SEM dapat memungkinkan Anda dalam menentukan target pasar dari mulai segi usia, lokasi, jenis kelamin dan lainnya. 

Demikian ulasan singkat mengenai apa itu SEM dan manfaat dari layanan tersebut yang biasa ditawarkan oleh digital agency yang wajib Anda ketahui. Bagaimana? Penerapannya sangat menguntungkan, bukan?

Namun perlu diingat, untuk penerapannya tentu harus dilakukan oleh SDM yang tepat. Untuk itu, Anda bisa menyerahkan dan mempercayakannya pada Ideoworks yang merupakan salah satu agency digital marketing profesional yang diisi oleh tenaga ahli dan berpengalaman di dunia digital marketing atau pemasaran digital.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *